Shalat adalah salah satu rukun Islam yang ke 2. Shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam mendirikannya, karena bagi yg sudah meninggal pun harus shalat dengan cara di shalatkan. Untuk pedoman bagaimana cara melakukan shalat terdapat pada Hadits-hadits Rasulullah SAW (Allahumma Shalli wa sallim alaih) sebagaimana dalam salah satu hadit yang berbunyi :

Shallu Kama Ra’aiytumuni u Shalli
Artinya: “Shalatlah kamu sekalian sebagaimana kalian melihat aku shalat” (H.R Bukhari Muslim dari Malik Ibnu Huwairits)

Dalam Shalat memiliki tata caranya termasuk bacaan-bacaan yg dibaca. Bacaan-bacaan dalam shalat terbagi 3 bagian utama, yaitu bacaan yg Rukun, bacaan yang Wajib, dan bacaan yg Sunnah.

Bacaan yang Rukun jika ditinggalkan maka batal shalatnya baik secara sengaja maupun tidak, atau batal rekaat yang terlewat rukun tersebut sehingga rekaat yang berikutnya menempati kedudukan rekaat tersebut . sehingga kita harus mengulangi shalatnya dari yang awal.

Bacaan yang Wajib jika menginggalkannya secara sengaja maka batal shalatnya. Jika tidak sengaja maka tidak batal, namun harus menggantinya dengan sujud sahwi.

Bacaan yang Sunnah jika ditinggalkan baik secara sengaja maupun tidak, shalatnya tidak akan batal namun mengurangi kesempurnaan shalat.

Untuk lebih lengkapnya faisal telah sediakan materinya dalam bentuk Power point dan bisa didownload dibawah ini.

Do’a dan Bacaan Dalam Shalat

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejaknya dikolom komentar. Terima kasih🙂