Postingan kali ini merupakan request dari teman Faisal, memang karena sekarang Faisal di tugaskan membuat laporan hasil praktekum kimia. berikut ini Faisal tidak menjelaskan secara jelas langkah-langkahnya, supaya kawan2 bisa berkreatif sendiri. kalo buat referensi ya bolehlah, asal jangan di kopas semuanya. USAHA DONK, hehe,ūüėÄ

LAPORAN PENGENALAN ALAT DAN BAHAN

Dunia merupakan suatu konstruksi yang sangat komplit dan terdiri dari benda hidup dan tak hidup, keduanya saling berinteraksi satu sama lain, benda mati seperti air,udara, tanah,batu dan lain lain serta benda hidup seperti mahluk hidup. Ciri mahluk hidup seperti bernapas, bergerak, berkembang biak, dan lain-lain tidak dimiliki benda mati, tetapi benda hidup juga tak dapat tanpa benda mati.

Kehidupan merupakan sesuatu yang sangat rumit, manusia hanya bias mengetahui tentang alat-alat tubuh dan fungsinya tetapi tidak bisa memikirkan dari mana asal kehidupan, karena itu muncullah teori tentang kehidupan mulai dari teori abiogenesis yang menyatakan makhluk hidup berasal dari benda mati sampai kepada teori biogenesis yang menyatakan mahluk hidup berasal dari benda hidup.

Advertisement

Kedua teori tersebut mengamati perubahan mahluk hidup pada kaldu, genangan air, dan media lainnya. Adalah Anthoni Van Leeuwenhoek yang pertama mengamati dan menemukan adanya dunia mikroorganisme.

Hal ini menjadi motivasi untuk mempelajari mikroorganisme, mulia dampak fungsi bagian-bagian, dan jenis-jenisnya. Sehingga terciptalah mikrobiologi, dan untuk mempelajari mikrobiologi tersebut, maka diperlukan melakukan percobaan dalam laboratorium dengan didukung peralatan yang memadai.

Agar melakukan praktikum mikrobiologi dengan lancar maka diperlukan pengenalaan alat-alat praktikum serta memahami fungsi, kegunaan, dan bagian-bagian dari alat tersebut.

Tujuan dan Kegunaan

Praktikum mikrobiologi dengan judul ¬†‚ÄúPengenalan Alat dan Bahan‚ÄĚ memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Untuk memberi pengetahuan kepada praktikan tentang jenis, bentuk fungsi, dan bagian-bagian alat praktikum.
  2. Untuk memperlancar kegiatan praktikum dan mengurangi resiko  kesalahan dan kecelakaan penggunaan alat praktikum.

Kegunaan dari praktikum ini adalah paktikan dapat melakukan praktikum lebih hati-hati sehingga  mendapatkan hasil penelitian yang maksimal.

Metodologi Praktikum

a. Waktu dan Tempat

Praktikum Mikrobiologi Hewan tentang ‚ÄúPengenalan alat dan Bahan‚ÄĚ dilaksanakan pada hari selasa 12 Februari 2008, pukul 16.00 WITA di laboratorium Mikrobiologi Hewan fakultas peternakan Universitas Hasnuddin Makassar.

b. Materi Praktikum

Materi prakitkum ini yaitu mengenal alat dan bahan berisikan tentang bahan, alat, dan media. Adapun alat-alat yang digunakan adalah : Mikroskop, Oven, Autoclaf, Water bath, Desikator, Destilator, Inkubator, Neraca analitik, Tube shaker, Coloni counter, Cawan Petri, Spektrometer, Stearer, Ose, Pemanas, propipet, Bunsen, Tabung reaksi, Gegep, Oblek glass. BAhan yang digunakan adalah : Negrosin, Kristal violet, Safranin, Fuchsin alkali, methyelen blue, Spritus, Melachit green, Lactophenol cotton blue, Xylol, minyak emersi, aquades. Dan media yang digunakan : Nutrien agar, Plate count agar (PCA), Sabaround dekstrosa agar (SDA), Endoagar.

c. Metode Praktikum

Dalam praktikum dengan judul ‚ÄúPengenalan Alat dan Bahan‚ÄĚ , metode yang digunakan adalah metode demonstrasi, dimana asisten menjelaskan alat dan bahan mulai dari nama, bagian-bagian dan fungsinya dengan menggunakan alat peraga. Sementara praktikan mendengar dan mencatat dari penjelasan asisten.